Program Menghitung Luas Dan Keliling

  1. Program Menghitung_Bangun_Datar;
  2. uses crt;
  3. const
  4. phi=3.141593;
  5. var
  6. nomor,panjang,lebar,sisi,luas,keliling:integer;
  7. r,alas,tinggi:real;
  8. begin
  9. clrscr;
  10. writeln(‘Menghitung Luas dan Keliling’);
  11. writeln(‘============================’);
  12. writeln(‘1. Persegi panjang’);
  13. writeln(‘2. Bujur sangkar’);
  14. writeln(‘3. Lingkaran’);
  15. writeln(‘4. Segitiga’);
  16. writeln(‘==============================’);
  17. write(‘Masukan nomor =’);
  18. readln(nomor);
  19. case(nomor)of
  20. 1:writeln(‘Menghitung luas dan keliling persegi panjang’);
  21. 2:writeln(‘Menghitung luas dan keliling bujur sangkar’);
  22. 3:writeln(‘Menghitung luas dan keliling lingkaran’);
  23. 4:writeln(‘Menghitung luas segitiga’);
  24. else
  25. write(‘tidak ada program di nomor=’,nomor);
  26. end;
  27. if (nomor=1) then begin
  28. write(‘Masukan Panjang =’);readln(panjang);
  29. write(‘Masukan Lebar =’);readln(lebar);
  30. luas:=panjang*lebar;
  31. keliling:=2*(panjang+lebar);
  32. writeln(‘Luas =’,luas);
  33. writeln(‘Keliling =’,keliling);
  34. end else if (nomor=2) then begin
  35. write(‘Masukan Sisi =’);
  36. readln(sisi);
  37. luas:=sisi*sisi;
  38. keliling:=4*sisi;
  39. writeln(‘Luas =’,luas);
  40. writeln(‘Keliling =’,keliling);
  41. end else if (nomor=3) then begin
  42. write(‘Masukan r =’);readln(r);
  43. writeln(‘Luas =’,phi*r*r:0:6);
  44. writeln(‘Keliling =’,2*phi*r:0:6);
  45. end else if (nomor=4) then begin
  46. write(‘Masukan Alas =’);readln(alas);
  47. write(‘Masukan Tinggi =’);readln(tinggi);
  48. writeln(‘Luas =’,0.5*alas*tinggi:0:2);
  49. end;
  50. readln;
  51. end.
  52. Cara 2
  53. program menghitung_luas_dan_keliling;
  54. uses wincrt;
  55. const
  56. phi=3.141593;
  57. var
  58. menu,panjang,lebar,jari,alas,tinggi : integer;
  59. luas,keliling : real;
  60. begin
  61. clrscr;
  62. writeln(‘Menu menghitung luas dan keliling bangun’);
  63. writeln(‘Menu 1 : persegi panjang’);
  64. writeln(‘Menu 2 : bujur sangkar’);
  65. writeln(‘Menu 3 : lingkaran’);
  66. writeln(‘Menu 4 : segitiga’);
  67. writeln(‘Menu 5 : keluar program’);
  68. write(‘Masukan menu pilihan (1..5): ‘);
  69. readln(menu);
  70. case (menu) of
  71. 1:begin
  72. writeln(‘/*===menghitung luas dan keliling persegi panjang===*/’);
  73. write(‘masukan panjang : ‘); readln(panjang);
  74. write(‘masukan lebar : ‘); readln(lebar);
  75. luas:=panjang*lebar;
  76. keliling:=2*(panjang+lebar);
  77. writeln(‘luasnya : ‘,luas:0:0);
  78. writeln(‘kelilingnya : ‘,keliling:0:0);
  79. end;
  80. 2:begin
  81. writeln(‘/*===menghitung luas dan keliling bujur sangkar===*/’);
  82. write(‘masukan sisi : ‘); readln(sisi);
  83. luas:=sisi*sisi;
  84. keliling:=4*sisi;
  85. writeln(‘luasnya : ‘,luas:0:0);
  86. writeln(‘kelilingnya : ‘,keliling:0:0);
  87. end;
  88. 3:begin
  89. writeln(‘/*===menghitung luas dan keliling lingkaran===*/’);
  90. write(‘masukan jari-jari = ‘); readln(jari);
  91. luas:=3.141593*jari*jari;
  92. keliling:=2*3.141593*jari;
  93. writeln(‘luas : ‘,luas:0:6);
  94. writeln(‘keliling : ‘,keliling:0:6);
  95. end;
  96. 4:begin
  97. writeln(‘/*===========Menghitung Luas Segitiga==========*/’);
  98. write(‘Masukan Alas : ‘); readln(alas);
  99. write(‘Masukan Tinggi : ‘); readln(tinggi);
  100. luas:=alas*tinggi/2;
  101. writeln(‘luas : ‘,luas:0:0);
  102. end;
  103. 5:writeln(‘*********Keluar program*********’);
  104. end;
  105. end.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: