Mengembalikan Boot Loader yang Hilang pada Ubuntu

Anda yang mencari tutorial ini mungkin pernah mengalami hal yang sama seperti yang saya rasakan yaitu mempunyai 2 buah Operating System (OS) tetapi apabila salah satu OS nya terkena virus (Windows) terpaksa melakukan install ulang yang mana satu OS nya lagi juga hilang (Ubuntu) dalam tutorial ini saya menggunakan Ubuntu 10.04.  Sebenarnya kita masih bisa menggunakan nya lagi yaitu dengan cara mengembalikan boot loader yang tertimpa oleh OS yang satu nya lagi. Oke tanpa basa basi lagi, Cara mengembalikan Boot Loader Yang Hilang adalah:

1.  Masukkan Live CD Ubuntu, Restart PC/ Laptop, masuk ke menu boot,  pilih boot kemudian cek apakah boot priority udah CD/DVD

2.  Pilih Try Ubuntu without  any changes to your computer, mungkin ini agak lama,  tunggu ubuntu sampil tampil dengan sempurna.

3.  Buka Terminal dengan cara klik Applications ==> Accesoris ==>Terminal atau CTRL+ ALT+ F2

4.  Ketik sudo -i

5.  fdisk  -l lihat dimana letak partisi linux pada pc atau laptop kita, pada kondisi ini letak partisi linux saya berada pada sda7

6.  mount  /dev/sda7  /mnt/

7. grub-install root-directory=/mnt/  /dev/sda

8.  Jika tidak ada error ( no error reported ) silahkan reboot  kemudian akan muncul perintah untuk mengambil cd kemudian Enter, anda dapat melihat Hasilnya Sendiri Terbukti Berhasil Karena Udah Saya lakukan sendiri. untuk lebih jelas nya silah kan lihat gambar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: